106 Faktor Penentu Peringkat Hasil Pencarian Google

Praktik optimasi seo blogspot terbaik yaitu dengan memahami tren dan kondisi update mesin pencari terbaru 2019. 

Agar blog tampil dengan ranking teratas anda perlu mengetahui faktor peringkat hasil pencarian google. 

Faktor-faktor penentu berikut ini dapat mempengarui, menentukan, memposisikan, dan menaikkan peringkat blog pada hasil pencarian. Agar mudah dipahami artikel ini saya kelompokkan menjadi beberapa kategori faktor penentu.

Faktor Penentu Peringkat Hasil Pencarian Google
Penentu Peringkat Google
Saya mengambil beberapa referensi beberapa pakar seo internasional seperti Backlink dot co, Moz, SEJ, SEL, serta halaman resmi bantuan webmaster google. 

Halaman-halaman tersebut secara jelas menyebutkan ratusan aspek atau hal-hal yang dapat mempengaruhi rangking sebuah situs.

Berdasarkan pengalaman saya ngeblog sejak 8 tahun yang lalu saya berpendapat bahwa blog dengan teknik seo berikut ini dapat mempengaruhi peringkat artikel. 

Dengan cara resmi dan dengan anjuran sesuai kebijakan mesin pencari akan membuat posisi blog selalu konsisten dan tetap mendapatkan trafik yang konsisten pula. Selamat membaca pengalaman saya dalam blogging!.

Google melalui website secara resmi mempublikasikan cara kerja penelusuran1 serta uraian singkat tentang algorithma bahwa terdapat ratusan lebih faktor yang dapat mempengaruhi rangking sebuah halaman blog. 

Terdapat setidaknya 200 faktor penentu peringkat situs pada mesin pencari seperti juga dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal). Lihat penjelasan google melalui screenshot di bawah ini.

200 faktor penentu peringkat situs pada mesin pencari

Kaitannya optimasi SEO untuk blogspot saya menuliskan 106 bagian agar dapat dimaksimalkan untuk memperbaiki peringkat blog. 

Faktor penentu posisi blog pada hasil pencarian memang sepenuhnya menjadi kebijakan Google. Akan tetapi dengan usaha berikut dapat berpengaruh besar bahwa penilaian blog kita layak untuk masuk pada posisi pertama hasil pencarian Google. 

Apa saja faktor penting penentu agar posisi blog menjadi no.1 pada penelusuran Google? Mari kita bahas bersama. 

Kata Kunci

Google sebagai penyedia layanan pencarian dengan hanya memasukkan kata kunci tentu pengaruh penggunaan kata kunci pada blog menjadi paling utama sebagai penentu hasil pencarian. 

Sebagai dasar optimasi SEO blogspot, saya mengambil referensi menurut Brian (CEO baclink.co) melalui artikelnya tentang Google's 200 ranking factor yaitu:

1. Kata Kunci Judul Blog/Nama Blog


2. Kata Kunci Judul Artikel

Kata Kunci Deskipsi Untuk pembuatan deskripsi untuk header blog maupun deskripsi judul posting teman-teman dapat mengikuti pedoman membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran.

Deskripsi nama blog maupun deskripsi pada postingan berfungsi untuk memberitahu mesin pencari tentang uraian singkat halaman. Pada hasil pencarian (Google) deskripsi yang sesuai kata kunci akan ditebalkan. 

3. Kata Kunci Heading HTML 

heading berfungsi untuk prioritas halaman setelah itu menunjuk pada heading selanjutnya. Jika H1 adalah judul blog maka seharusnya judul postingan adalah H2. 

Untuk blogspot dikenal dengan tehnik pemindahan heading dengan cara membuat blog dynamic heading. Yaitu memindah posisi judul posting menjadi H1 kemudian akan loncat ke heading selanjutnya misalkan H2 nama blog. 

Penggunaan heading h1 disertai kata kunci akan mempengaruhi posisi judul postingan di hasil pencarian. 

4. Kata Kunci Artikel

Penggunaan kata kunci pada artikel masih menjadi tranding topik hingga saat ini. Patokan penggunaannya, jumlah sesuai rumus tertentu, bahkan setiap tahun untuk teori kata kunci artikel selalu berubah-ubah sejalan dengan tehnik SEO terbaru. 

Hingga saat ini saya masih belajar menggunakan kata kunci pada artikel karena penggunaan yang salah dapat mempengaruhi posisi peringkat artikel. 

5. Kata Kunci Tranding/Persaingan

Jika teman-teman mengikuti kursus SEO maka akan mengikuti kelas tertentu sesuai tingkatannya. Untuk pemula seperti saya, baru sebatas kata kunci dengan persaingan jutaan kata pada hasil penelusuran. 

Persaingan kata kunci yang lebih banyak membuat optimasi seo blogspot semakin sulit dan rumit. 106 faktor peringkat hasil pencarian ini masih terlalu sedikit untuk dilakukan agar posisi artikel naik. Dengan kata lain semakin banyak persaingan kata kunci, semakin susah menduduki tingkat pertama hasil pencarian tersebut. 

6. Kata Kunci URL

Sama halnya dengan nama domain kata kunci url dapat mempengaruhi peringkat situs pada hasil pencarian. Hal ini terlihat jelas pada hasil pencarian mesin pencari Bing. 

Misalkan anda mengetikkan "belajar seo" maka url yang mengandung kata "belajar seo" akan muncul pada hasil pencarian lebih awal. 

Bila anda menggunakan blogspot, url artikel dapat diganti dengan cara menggunakan fitur tautan permanen atau permalink blogspot.

7. Kata Kunci Kerapatan

Keyword Density atau kerapatan kata kunci dapat menginformasi mesin pencari menentukan ranking blog. Seberapa sering kata kunci itu muncul dan berbagai fariasi tampil dapat menginformasi bahwa artikel tersebut memang menjelaskan materi. 

Namun tak ada jaminan kewords density mampu mempengaruhi peringkat. Bahkan moz sendiri mengindikasi bahwa google tidak pernah memakai kerapatan kata kunci sebagai faktor rangking sebuah situs. 

Jika seberapa banyak kata kunci muncul dalam halaman, semua orang akan berlomba-lomba memperbanyak kerapatan kata kunci tersebut. 

8. Kata Kunci Gambar

Penggunaan kata kunci pada gambar sudah umum dilakukan seorang webmaster. Caranya dengan menambah HTML tag alt dan HTML tag title pada gambar. Masukkan minimal 2 kata dan maksimal 5 kata pada setiap halaman artikel. Biasanya optimasi seo ini di khususkan untuk hasil pencarian gambar google. 

9. Kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword)

Long tail keyword diciptakan jauh sebelum google penelusuran suara secara resmi diluncurkan. Kata kunci panjang ini diciptakan untuk terhubung langsung dengan pelanggan dan juga sebelum layanan google bisnis lokal dibuka. 

Long tail keyword masih menjadi acuan bahwa kata kunci panjang bisa saja mempengaruhi pencarian. Sebagai contoh teman-teman mengetikkan kata kunci "Bolu", "Bolu Panda" dan "Bolu Pandan Harum". 

Pengunjung akan mencari dengan kata kunci lebih spesifik yaitu mengenai resep, apa itu kue klapertaart, bahkan yang lebih spesifik lagi menyebutkan tempat. Posisi blog dipengaruhi juga oleh pencarian dengan cara long tail keyword tersebut. 

Dari studi kasus hasil pecarian sering dijumpai artikel dengan judul panjang disertai long tail keyword. Kasus umum terjadi yaitu pengunjung jika mencari "Resep Bolu" dan hanya memasukkan "Bolu Pandan" maka akan terjadi banyak sekali variasi mulai dari resep, toko kue, bahkan beberapa artikel yang tampil sedikit berbeda maksud dengan resep tersebut.

Jika penggunaan kata kunci panjang (long tail keyword) dilakukan dengan baik, posisi peringkat blog secara teknis dapat naik. 

Beberapa kata kunci panjang dapat dijumpai pada judul artikel seperti "Bolu Pandan Murah Enak", "Bahan Membuat Bolu Pandan" dan lain-lain. 

10. Kata Kunci Update

Kata kunci update biasanya sering muncul atau digunakan pada blog berita. Kata kunci konten terkini menjadi sinyal utama sebuah blog tampil teratas. 

Pengguna biasanya membutuhkan informasi berkualitas terbaru daripada informasi berkualitas tapi sudah kadaluwarsa. Maka kata kunci update merupakan penentu untuk artikel berjenis berita yang selalu uptodate. 

11. Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI sama halnya "Homofon" dalam pelajaran bahasa Indonesia diartikan sebagai kata yang sama lafadh dan ejaannya, tetapi berbeda makna karena berasal dari sumber yang berlainan (seperti 'hak' pada 'hak asasi manusia', dan 'hak' pada 'hak sepatu'). 

LSI keyword sebenernya sudah dipatenkan sejak tahun 1990 bahkan sebelum perusahaan Google berdiri. Pada awal mula google pencarian, terjadi kasus populer yaitu pengguna mengetikkan "Apple" dengan tujuan mencari "buah apel" tetapi yang terjadi, hasil penelusuran Google menunjukkan perusahaan "Apple" ikut ditampilkan. 

Tidak hanya itu untuk kata kunci lainnya juga kerap terjadi. Seiring berkembangnya metode algoritma, kejadian tersebut mulai teratasi. 

Untuk mengatasi LSI keyword penggunaan sinonim atau persamaan kata dapat membantu mendeskripsikan artikel. 

Dampaknya cukup signifikan setelah penambahan beberapa kata terdekat dengan maksud yang sama, posisi blog akan naik. Penggunaan persamaan kata lebih banyak lebih baik untuk membantu menaikkan blog. 

12. Kata Kunci Organik

Kata kunci organik dapat muncul tanpa kita sadari sebagai hasil kunjungan sebuah artikel. Apabila blog sudah mempunyai pencarian artikel secara alami, kata kunci organik dapat terlihat dari beberapa SEO tools. 

Jika blog memiliki niche tema tunggal atau pokok bahasan tunggal maka kata kunci organik tidak akan jauh berbeda dengan kata kunci utama blog anda. Kata kunci organik merupakan penilaian penting google untuk menentukan peringkat situs.

Domain Faktor 

Penentu selanjutnya terkait semua hal tentang pemilihan nama domain seperti dijelaskan elite strategi tentang on page seo domain name.

13. Domain Autority

Faktor domain pertama ulasan artikel ini tentang faktor domain, saya mengambil domain autority. Apa itu domain authority (DA) atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah otoritas domain? DA adalah nilai dari sebuah peringkat nama domain yang dikembangkan oleh Moz sebagai alternatif pagerank untuk menentukan kualitas peringkat blog. 

DA dapat berubah-ubah mulai dari 1 (untuk domani baru) hingga 100 untuk domain tertinggi. DA merupakan faktor penentu sebuah situs dapat tampil lebih baik dalam hasil pencarian mesin pencari. Lihat penjelasan lengkap tentang Backlink Gratis Domain Authorityf (DA) di Google. 

14. Domain Registar

Pakar SEO berpendapat bahwa nama domain yang didaftarkan dengan masa kadaluwarsa (expired) lebih lama akan lebih diprioritaskan google. 

Prioritas penelusuran google dapat berupa penilaian terhadap jangka regristrasi nama domain. Rata-rata umur domain yang ideal untuk SEO blogspot adalah domain dengan umur registrasi 2 hingga 5 tahun kedepan. 

15. Domain Whois

Ada beberapa faktor menurut crnch tentang whois domain5 serta pengaruhnya untuk SEO blog yaitu:
  1. Domain whois publik lebih baik dari pada whois private
  2. Domain whois dengan alamat kontak palsu atau tidak jelas
  3. Domain Whois terkait tag lokasi 
  4. Domain Whois dengan catatan kepemilikan 


16. Domain Keywords

Domain keyword seperti penjelasan url keyword yaitu nama blog dengan mencantumkan kata kunci. Untuk tehnik seo on page tersebut akan leibh kuat dibandingkan dengan nama personal. 

Sebagai contoh saya memiliki website tentang roti klapertaart, akan lebih seo friendly jika nama domain adalah rotiklapertaartahmad.com dari pada ahmadmaryukiklapertaart.com. 

Nama domain dengan keyword tersebut akan diunggulkan oleh mesin pencari dengan pencarian "roti klapertaart". 

17. Domain History

Domain history erat kaitannya dengan reputasi sebuah blog sebelumnya. Sebuah website akan dipantau melalui proses indexing Google pada server utama mereka. 

Nama domain dengan catatan seperti pernah mendapat pinalti google, banned google adsense, pelanggaran kebijakan, blog spam dan lainnya menjadi catatan hitam (blacklist) dari mensin pencari. Sebuah website dengan blacklist tersebut akan susah masuk peringkat pertama pada hasil pencarian. 

Kita harus berhati-hati saat membeli nama domain, jangan-jangan nama domain tersebut mempunyai track reccord buruk. Jangan tergiur nama domain dengan alasan berpagerank tinggi atau semacamnya. 

18. Domain Age

Meskipun umur nama domain tidak berpengaruh banyak pada peringkat hasil penelusuran, umur domain perlu dilakukan pengujian lebih lanjut. 

Biasanya umur domain lebih tua juga mempunyai faktor pendukung lain tampil pertama pada hasil pencarian mesin penelusuran. 

19. Domain Move

Alasan utama mengapa blog ini tidak berganti dengan nama domain berbayar (TLD) yaitu karena domain move ini. 

Domain move adalah perpindahan antara domain awal ke domain baru. Ketika pemilik situs/webmaster memutuskan untuk mentransfer nama domain blogspot ke nama domain seperti .com apabila pengaturan tidak dilakukan dengan baik maka akan berdampak buruk pada peringkat situs web. 

Perubahan tersebut akan membuat perubahan penilaian terlebih dari google akan mengkalkulasi ulang beberapa faktor pengaruh blog. Anda juga harus merelakan setiap link langsung yang sudah anda bangun sejak anda membuat blog pertama kali. 

20. Subdomain Keyword

Para ahli SEO seperti SEJ (Search Engine Journal) setuju bahwa subdomain lebih baik dari pada subfolder. Seperti dicontohkan situs disney.com dengan beberapa subdomain seperti cars.disney.com, videos.disney.com, disneyparks.disney.com, princess.disney.com dan diberikan perlakuan secara terpisah. 

Subdomain tersebut diberuntukkan untuk "bisnis" dan tentu perusahaan disney memiliki berbagai produk dan setiap produk memiliki pangsa pasar yang berbeda. Seperti halnya blogspot, untuk penjelasan subdomain tersebut merupakan penggunaan domain berbayar TLD. 

Kaitannya dengan SEO blogspot, kita pada posisi menggunakan subdomain dan gratis. Kekurangan subdomain gratis yaitu kita akan mengoptimalkan satu alamat subdomain tersebut. 

Sebagai contoh blog ini dengan subdomain dari induk blogspot.com yaitu unelmalandia.blogspot.com. Subdomain baiknya hanya memiliki satu tema pembahasan saja, apabila dicampur adukkan dengan pembahasan lain akan berdampak negatif bagi SEO blog seperti postingan tidak muncul di google, peringkat buruk, karena pendukung subdomain tersebut tidak diberikan suntikan tautan sebagaimana keterkaitan tema blog. 

21. Domain Word TLD (Top Level Domain)

TLD seperti .com, .net, .org serta lainnya sudah sering kita jumpai sebagai penggunaan nama domain. TLD mempunyai peran penting bagi SEO dan Adsense. 

Sebagai indikasi bahwa webmaster mempunyai keseriusan membangun blog serta mengelola sumber informasi atau produk. Sekarang ini terdapat DW TLD yaitu domain word top level domain seperti .online, .salon, .recipes, .city, .xyz dan lain-lain. 

Seperti faktor pengaruh pada url, nama domain tersebut dipakai agar sesuai kata kunci yang dibidik. Sebuah blog dengan domain tersebut mampu menggeser posisi peringkat blog walaupun isi artikel minim kata kunci dengan bahasan yang sama karena pengaruh url domain word TLD tersebut. 22. 

Domain SpellingSesuai referensi di atas, kesalahan ejaan pada nama domain dapat mempengaruhi blog. Coba bandingkan nama domain matterfish.com dengan rnatterfish.com. 

Keduanya hampir sama namun akan berbeda arti pada hasil pencarian. Hal terburuk yang dapat terjadi yaitu memunculkan keyword LSI seperti ulasan saya di atas. Sebagai contoh website indonesia cumi-cumi.com padahal isi dan tema website tersebut bukan membahas tentang hewan cumi-cumi. Website tersebut dapat dikategorikan sebagai konten LSI. 

23. Domain HTTPS

Pengaruh domain HTTPS yaitu pada enskripsi atau sambungan url halaman blog. Blogspot sudah dilengkapi dengan fitur pengalihan dari http ke https untuk blog lama seperti blog ini. 

Untuk blog baru sudah dialihkan otomatis dengan pengaturan pada menu http redirect. Fungsi https lainnya untuk mencegah adanya perilaku tidak wajar dari situs tersebut. 

Sudah sejak lama google mempublikasikan hal tersebut sebagai optimasi seo ilegal dan dapat dikenai pinalti. Blog seperti ini biasanya mempunyai peringkat yang rendah pada hasil pencarian. Terlebih untuk situs dengan format http menjadi jarang terlihat di hasil SERP (Search Engine Result Page). 

24. Domain Page Authority

Seperti DA (domain authority) di atas, PA (Page Authority) merupakan penilaian yang dikembangkan oleh MOZ. Perbedaan terletak pada sumber penilaiannya yaitu jika DA didasarkan pada nama domain, sedangkan PA didasarkan pada sebuah halaman secara keseluruhan. 

Skor antara DA dan PA adalah 100 dan anda bisa melakukan pengecekan skor ini pada website MOZ. Setiap pengecekan nilai antara DA dan PA akan berbeda karena berdasar sumber pengecekan tersebut. 

25. Domain Trust

Merupakan induk dari semua penilaian terhadap kepercayaan, keabsahan, dan lain-lain terhadap sebuah nama domain (situs) serta semua isi di dalamnya. 

Domain trust tidak didasarkan pada kepopuleran melainkan lebih bertujuan sebagai sumber terpercaya, aktual, dan dapat dibuktikan kebenaran informasinya. 

Domain trust tertinggi adalah milik situs seperti wikipedia, serta sumber terpercaya lainnya. Dengan blog menautkan melalui situs-situs tersebut, secara teknis akan ikut terbawa pengaruh baik. Akibatnya posisi blog juga akan berubah. Pada awal dipatenkannya pagerank 1997 nilai 0-10 berdasar pada penilaian terhadap domain trust ini.

Content Article

Dahulu dikenal dalam jargon SEO bahwa "konten adalah raja", maksudnya isi dalam pemilihan tema, artikel-artikel di dalamnya, hingga mengelola isi blog berdasar kategori menentukan keberhasilan blog. 

26. Konten Panjang

Panjang konten atau konten panjang dalam membuat artikel tidak menjamin peringkat situs. Faktor terpenting yaitu sebuah artikel itu dapat mendeskripsikan sebuah kata kunci tertentu. 

Tidak perduli panjang pendeknya, jumlah karakternya, ataupun jumlah kata kuncinya. Point utama artikel tersebut berkualitas atau tidak serta memberikan manfaat bagi pengunjung atau tidak itulah faktor terpenting penentuan blog layak untuk tampil di mesin pencari google. 

27. Konten Ganda

Berkali-kali dalam blog ini saya menjelaskan tentang konten ganda atau plagiarisme. Perlu saya ulas lagi bahwa konten ganda tidak hanya berdasar pada artikel saja tetapi pada semua halaman atau on page blog. Konten ganda dapat terjadi pada : 
  1. Artikel copy paste
  2. Duplikat title
  3. Duplikat link
  4. Duplikat view 


28. Konten Update

Google tidak mementingkan frekuensi update postingan adalah benar. Tetapi google lebih menyukai postingan yang selalu diupdate. 

Konten update tidak harus merombak artikel tetapi memperbarui pendukung artikel. Kita tidak pernah tahu samapi berapa lama artikel rujukan dengan menyertakan link aktif dapat dipergunakan. Bisa saja link external tersebut dihapus penulis secara tiba-tiba. 

Link yang hilang atau tidak dapat ditemukan akan menimbulkan broken link atau link mati. Inilah alasan konten update itu penting dan dapat mempengaruhi peringkat blog pada penelusuran. 

29. Konten Spam

Berdasarkan pedoman webmaster google untuk kualitas konten/artikel terdapat beberapa acuan bahwa sebuah blog dianggap spam apabila : 
  • Konten dibuat secara otomatis dianggap spam seperti artikel dibuat menggunakan AGC (Auto Generate Content)
  • Konten artikel mengikuti program link MLL (Multi Level Link)
  • Konten memiliki penulisan keaslian dan berisi copy paste
  • Konten pengalihan otomatis
  • Konten memiliki text atau link tersembunyi
  • Konten menggunakan kata kunci yang tidak sesuai
  • Konten memiliki kesalahan (salah menggunakan) mark up snippet
  • Konten dengan komentar link aktif oleh pengunjung dianggap spam
  • Penggunaan alt dan title yang panjang pada gambar dianggap spam
  • Link dapat berisi spam dan apabila ditaruh pada artikel bisa dianggap spam
  • Hosting gratis dapat berupa spam 

30. Konten Relevansi


Saya mengutip penjelasan bantuan adsense tentang relevansi atau keterkaitan konten dengan kata kunci. 

Relevansi konten yaitu penilaian google terhadap mutu sebuah halaman. Dengan kualitas seberapa berguna artikel tersebut oleh pelanggan (pengunjung). 

Bagi publisher adsense relevansi konten dengan kata kunci sehubungan dengan iklan akan mendapat bayaran tinggi. 

Bukan tidak mungkin relevansi konten juga digunakan sebagai faktor untuk menentukan sebuah situs menduduki peringkat atas. 

Bantuan adsense tersebut memberikan tips bagi webmaster untuk meningkatkan relevansi konten yaitu dengan:

Kiat Meningkatkan Pencarian dengan Relevansi Konten

31. Konten Deskriptif

Saya tidak akan panjang lebar mengulas konten deskriptif atau sebuah artikel dengan kaya informasi serta artikel yang menjelaskan. 

Membuat pengunjung dapat memahami pokok bahasan yang dibahas dengan uraian singkat padat dan jelas. Untuk blogspot dapat dioptimalkan menggunakan Meta Tag Blogger. 

Teman-teman dapat melihat pada panduan membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran. Kalian akan menemukan pengaruh faktor kualitas deskripsi artikel yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah kunjungan (traffic) penelusuran anda. 

32. Konten Bermanfaat

Istilah konten adalah raja sudah lama dijumpai dalam belajar seo blogspot. Arti pentingnya konten adalah raja yaitu artikel dengan banyak manfaat bagi pengunjung. 

Seberapa bermanfaat bagi pengguna juga menjadi faktor penentu peringkat situs. Memang hingga saat ini pengecekan tentang manfaat artikel belum dapat dilakukan dengan seo tools. Karena penilaian bersifat langsung oleh pengunjung jadi sebagai penilaian kasar yaitu dengan jumlah like, atau share dapat diketahui bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi pengguna atau pengunjung blog.

Link Faktor

Faktor managemen link dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan blog namun dapat menjadi boomerang bagi sebuah blog jika hanya membangun link secara asal-asalan. 

Untuk itu penggunaan link atau tautan dijelaskan oleh Moz tentang nilai kualitas link16 serta panduan google webmaster terkait membangun link.

33. Link Struktur atau Skema tautan

Skema tautan menurut google adalah struktur atau bagan seperti dalam sebuah organisasi. Sebagai ketua adalah halaman utama sedangkan berberapa jabatan struktural seperti sekretaris bendahara dan sub bagian di bawahnya adalah produk-produk atau artikel-artikel. 

Skema tautan menjelaskan keterkaitan halaman dengan lainnya. Hati-hati menautkan halaman yang tidak relevan dengan sub judul. Pengaitan halaman yang tidak sesuai dengan deskripsi produk akan berakibat buruk bagi seo blog anda. 

34. Link Schema Mark Up (Schema.org)

Serupa namun tak sama dengan struktur link di atas, schema mark up digunakan untuk cuplikan kaya atau rich snippet googleSchema.org adalah pengembang html selain mikroformat.org, RDF, atau untuk blogger versi 3 sudah digunakan dalam template baru seperti SOHO dan lain-lain adalah Json-LD. Penggunaan markup ini dapat membantu mesin pencari menilai blog layak masuk peringkat pertama. 

35. Link Anchor

Biasa disebut link jangkar dengan fungsi untuk menujukan halaman utama dengan kata-kunci tertentu. Tujuannya adalah peringkat situs dengan kata kunci yang dipilih. Penggunaan link anchor biasanya untuh halaman penting yang selalu ditampilkan seperti pada halaman posting populer, featured post, halaman produk, dan halaman penting lainnya. Tetapi ingat! jangan sampai anda membuat link anchor di semua posting atau halaman artikel. 

36. Link Building

Link building atau membuat link lebih diutamakan dalam SEO terutama untuk blogspot. Dari segi kemudahan serta pengaruhnya untuk menelusuri sebuah situs baik dari mesin pencari maupun pengunjung blog. Dengan link terstruktur dengan baik maka kualitas blog pada hasil pencarian akan menentukan urutan peringkat sebuah website atau blog. 

37. Link Internal

Dikutip dari MOZ tentang internal link, bahwa tautan internal adalah cara menautkan halaman ke halaman lain dalam satu nama domain yang sama. Internal link adalah teknik SEO dasar digunakan untuk membangun struktur website. 

Internal link akan dibaca oleh robot google atau googlebot untuk merayapi sebuah blog dengan cara membaca informasi internal link tersebut. Googlebot mulai membaca sebuah situs dari nama domain kemudian link-link di dalamnya seperti halaman statis, halaman label, halaman posting, halaman arsip yang berisi informasi serupa dengan halaman awal tersebut. 

Google dapat membaca nilai sebuah tautan internal yang berasal dari nama domain dan selanjutnya menilai halaman-halaman lain hingga artikel (domain tingkat akar). Teknik SEO on page inilah pembahasan utama saya tentang internal link di halaman beranda. 

Inti seo internal link berfungsi menghubungkan artikel atau halaman mana yang mempunyai kesamaan informasi dengan halaman terdekat dengan halaman (produk) unggulan selain beranda blog. Untuk memperjelas ulasan saya tentang faktor peringkat blog berdasar internal link dapat dilihat melalui bagan link internal pada Google.

38. Link External

Strategi membangun link external dapat diartikan sebagai pengambilan kutipan, pandangan, pendapat, sebagai referensi paling aktual dan terpercaya serta dapat dibuktikan keabsahannya (dapat dipertanggungjawabkan). 

39. Link Paid

40. Link Trust

41. Link Relefant Theme

42. Link Pagerank

43. Link Keyword

44. Link Style

Tehnik seo sederhana namun tidak ada waktu kadaluwarsanya. Penggunaan internal dan external seharusnya dibedakan dengan gaya berbeda pula seperti penambahan icon external link. 

Cara ini terbukti ampuh menambah jumlah kunjungan on page halaman sehingga jumlah kunjungan meningkat. Dengan penambahan jumlah kunjungan secara alami tersebut secara teknis mampu meningkatkan peringkat situs. 

Dikarenakan jumlah kunjungan menjadi acuan mesin pencari menentukan rangking sebuah blog. Bagi teman-teman yang ingin membuat link internal dan external link terlihat seperti blog profesional bisa kunjungi artikel blog ini. 

45. Link Descrivtive

Sebagian besar seo tools dapat mengindikasi isi sebuah link atau tautan. Alat pengecekan SEO pada bagian link, jika tidak diisi tag judul akan membuat link terindikasi sebagai link unknown atau link tidak diketahui. 

Akan berdampak juga bila kita menanam tautan namun berbeda pembahasan dengan tujuan mencari backlink. Ini jelas buruk untuk kualitas blog dengan tujuan memperbaiki peringkat blog. Tanamlah secara manual semua link yang ada di dalam blog dengan judul deskriptif. 

Dikarenakan untuk blogspot belum ada fitur penambah tag judul seperti fitur pemasangan tag alt dan title pada gambar blogspot.

46. Link Sosial Media

Tahukah kamu bahwa situs penyedia sosial media terdapat 250 yang sudah diindeks google? Berikut ini daftar 250 situs media sosial11. Daftarkan blog anda untuk mendukung seo pada hasil peringkat blogspot. 

47. Link Webmaster


48. Link Juice

Istilah kalkulasi penggunaan link internal dan external dalam sebuah halaman. Link juice dalam strategi penggunaan serta tren mesin pencari masih tidak ada patokan resmi namun apabila dirasa aman penggunaannya dengan perbandingan jumlah link internal dan link external adalah sama. 

49. Link rel tag

Tag rel diartikan sebagai fungsi relatif, yaitu mendefinisikan sebuah fungsi dalam link sebagai faktor yang digunakan untuk berbagai kondisi. Relatif tag tersebut dapat ditempatkan pada blogspot melalui:
  1. Meta tag
  2. Rel Canonical
  3. Rel Home
  4. Rel Revious atau pada navigasi posting terbaru
  5. Rel Next atau pada navigasi posting lama


50. Link Canonical


51. Link Do Follow


52. Link No Follow

Link no follow digunakan untuk mencegah robot pada mesin pencari untuk melakukan index. Dengan ditambahkannya link no follow dapat mencegah dampak negatif dari spam, link mati, dan berbagai dampak negatif link lain tersebut. 

Link no follow untuk blogspot dapat juga digunakan pada komentar untuk mengantisipasi spam komentar serta duplikat title pada komentar blogspote. Caranya yaitu dengan penggunaan rel tag blogspot dalam HTML link. 

53. Link Freshness


54. Link Difercity

Adalah tautan dengan keberagaman sumber link atau tautan tersebut. Berbagai variasi sumber link dapat diperoleh melalui website sosial media, website forum , website content media marketing, dan macam-macam jenis website lainnya. 

Link difercity dapat bertambah jumlahnya seiring dengan aktifitas situs seperti share, penautan langsung profil di media sosial, pembuatan halaman grup, profil webmaster tools, strategi bertukar link, pembuatan halaman daftar isi blog, maupun di beberapa website SEO Tool untuk blogspot. 

55. Link Sum

Beberapa situs pengecekan seo blogspot seperti SEOcentro, menjelaskan beberapa situs mesin pencari mempunyai masalah bila mengakses sebuah halaman jika melebihi 100 tautan atau link. Jika didasarkan pada mesin pencari seperti google, yang sebenarnya menyukai halaman yang praktis, simpel dan terstruktur tentu 100 link adalah pedoman bagi webmaster agar membatasi jumlah tautan pada sebuah halaman.

56. Link Age

Umur link berpengaruh pada posisi urutan hasil pencari google masih simpang siur. Namun dari apa yang saya temui, terkadang nama domain lama dapat dengan mudah memasuki peringkat atas google penelusuran. 

57. Link Decay

Link desay adalah faktor terpending dalam teknik dasar membangun link atau tautan. Sayangnya istilah ini mungkin terdengar baru oleh webmaster namun faktanya sudah ada sejak lama. Penjelasan link decay adalah link yang memudar, membusuk, berkurang atau hilang walaupun kedua aspek yaitu tautan antar dua domain masih ada. 

Agar mudah dipahami, link decay diartikan bahwa jumlah tautan yang Anda miliki berkurang seiring berjalannya waktu, atau kehilangan nilai. 

Link memburuk ini akan terjadi dengan adanya perubahan waktu, metode algoritma, domain expired, penghapusan tautan, bahkan yang lebih buruk adalah perubahan konten tentang sebuah link.

Seperti itulah kasus di internet terdapat waktu kadaluwarsanya, jika webmaster membeli link dan tidak benar-benar berkualitas maka pengaruhnya buruk untuk blog dan peringkat situs.

58. Link Table of Content (TOC)

59. Link Broken

60. Link Affiliate

61. Link Guest Post


Gambar Pengguna 

Blogspot harus melakukan optimasi seo on page pada gambarb. Melalui artikel tersebut saya mengulas berbagai kekurangan blogspot kaitannya penggunaan gambar. Seperti bagian header, artikel populer, widget featured post, serta pendukung penggunaan gambar lainnya yang dapat mempengaruhi SEO blogspot.

62. Atribut alt dan title

63. HD Gambar

64. Original Gambar

65. Taging Gambar

66. Relefancy Gambar

67. Gambar dengan Text

68. Gambar Schema

69. Gambar Berhak Cipta

70. CDN Gambar

71. Lazy Load Gambar

72. Jenis Gambar

73. Ukuran Gambar


Backlink

Apa itu backlink? Backlink atau pranala balik menurut wikipedia yaitu link atau tautan yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. 

Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Beberapa pengaruh backlink dapat membantu kualitas blog seperti beberapa faktor berikut sesuai kategori backlink adalah:

74. Backlink Quality

75. Backlink Sosial Media

76. Backlink Zombie


User Friendly

77. User Friendly 

Faktor user friendly atau disebut sebagai faktor pengguna juga menentukan peringkat sebuah situs atau blog. Memang tidak ada panduan mendasar tentang pedoman user friendly tetapi beberapa hal berikut haruslah ada dalam sebuah blog yaitu bertujuan mempermudah pengunjung menejelajah isi blog. Untuk itu gunakan tools mengetahui kualitas user friendly blogspot.

78. User Interaksi

79. User Kontribusi

80. User Experience/Responsif Design

81. User Level Reading

82. User Navigation

83. User Rate

84. User Spam


Error Page 404

85. Invalid Style

86. Error HTMLRedirect url


Google Ranking Faktor

Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk mendefinisikan peringkat website dalam algoritmanya. 

Beberapa penyebab dari naik dan turunnya peringkat yaitu kebijakan dari google sendiri. Setelah melakukan penilaian dari waktu ke waktu peringkat sebuah situs mungkin bergeser setelah update hasil pencarian. Untuk itu kami menyajikan fakta 200 faktor rangking google telah dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal) tentang faktor pengaruhnya.

87. Google Activity Aktifitas

Apa itu tayangan, posisi dan klik: https://support.google.com/webmasters/answer/7042828?hl=id 88. Google Update Algorithm Update terbaru Google Update Algoritm adalah Google Algoritm March 2019 Core Updateh. 

89. Google Geo Location 

90. Google Pinalty 

Kebijakan Pelanggar berulang yaitu pinalti selama 30 hari: https://support.google.com/webmasters/answer/7104997?hl=id 

91. Google Over 

92. Google Speed Site 

93. Google Quality Content

https://support.google.com/webmasters/topic/6001971?hl=id 

94. Google Pagerank

https://en.wikipedia.org/wiki/PageRank 

95. Google Linking

Seberapa banyak link mengarah ke google. 

96. Google Adsense 

Penggunaan google adsense merupakan bukti bahwa situs tersebut mematuhi pedoman kualitas webmaster dan program adsense. Faktor ini dapat juga menjadi alasan bahwa ikut serta penayang tersebut memiliki artikel yang bermanfaat dan mungkin saja berpengaruh pada posisi peringkat blog pada hasil pengindeksan google search. 

97. Google Meta Tag 

Meta tag yang dipahami oleh Google https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=id 

98. Google Bahasa

https://support.google.com/webmasters/answer/182192?hl=id https://support.google.com/webmasters/answer/189077 

99. Google Crawl

https://support.google.com/webmasters/answer/6144055?hl=id https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-report 

100. Google Sitemap

Membuat dan mengirimkan peta situs seperti pada artikel kami blogger sitemap Google Webmaster toolsg. https://support.google.com/webmasters/answer/183668?hl=id 

101. Google Simple URL

Menjaga kesederhanaan struktur url https://support.google.com/webmasters/answer/76329?hl=id 

102. Google Multimedia (Video)

Praktik terbaik video https://support.google.com/webmasters/answer/156442?hl=id 

103. Google Hack

https://support.google.com/webmasters/answer/2721435 

104. Google Rich Snippet

Hasil penelusuran yang diperkaya https://support.google.com/webmasters/answer/7407437?hl=id 

105. Google Tag Child Save

106. Google Lens


Kesimpulan Faktor Peringkat Google

Mesin pencari dan SEOc terus berubah-ubah, berkembang dan update, tetap ikuti tren terbaru agar blog tetap mengikuti pedoman kualitas webmaster dari segi seo on page, seo off page serta dari isi artikelnya. 

Tetap terus belajar seo blogspot walau peluang kemunculan pada mesin pencari makin sulit. Arti kata sulit diartikan bahwa kita harus tetap patuh pada kebijakan mesin pencari tersebut. 

Gunakan tools google rank website untuk mengetahui ranking blog kamu.

Dari penjelasan google mengenai faktor peringkat sebuah situs mengenai tampilnya pada hasil pencarian google tidak ada yang bisa menjamin. 

Dari banyaknya artikel mengenai faktor peringkat tersebut hanya google sendiri dalam menilai kelayakan sebuah situs. 

Untuk itu tetap ikuti Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) agar blog kita tetap mendominasi peringkat pencarian google tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "106 Faktor Penentu Peringkat Hasil Pencarian Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel