Ketahui 5 Cara Membuat Slime dengan Shampoo | Ada Resepnya

Salah satu slime yang paling aman bagi anak-anak adalah slime yang dibuat menggunakan bahan shampoo. Slime dengan bahan Shampoo tidak mengandung bahan kimia yang mungkin dapat membahayakan anak-anak ketika memainkannya. 

Cara Membuat Slime dengan Shampoo
Anak Kecil Bermain Slime

Adapun dari pengalaman saya, cara membuat slime dengan Shampoo sendiri terbilang cukup sulit. Bila tidak tahu triknya, kita tidak akan bisa menghasilkan slime yang benar-benar strachy dan kenyal.

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo

Beberapa percobaan yang saya lakukan untuk menemukan bagaimana cara membuat slime dengan shampo menghasilkan kesimpulan bahwa untuk memperoleh slime yang baik kita tidak bisa menggunakan sembarang merk shampo. Karena apa? Jelas karena masing-masing merk shampoo dibuat dari bahan tambahan yang berbeda serta tingkat kekentalan yang berbeda pula.

Untuk membuat slime yang baik, kita harus menggunakan shampoo yang memiliki tingkat kekentalan tinggi seperti cairan conditioner. 

Dari apa yang saya sudah kerjakan, ada 2 merk shampo yang sebaiknya digunakan untuk membuat slime. Keduanya yaitu shampoo merk Pantene dan shampoo merk Dove. 

Kedua shampoo merk ini memiliki tingkat kekentalan dan kepekatan yang sangat mendukung kita untuk memperoleh slime yang kental tapi tidak lengket.

Seteleh memiliki shampoo dengan kedua merk tersebut, kita bisa langsung mencoba membuat slime. 

Saya memiliki 5 resep cara membuat slime dengan shampoo yang mungkin bisa Anda praktikan. Keempat resep ini sendiri harus Anda uji coba untuk menemukan komposisi yang tepat dari setiap bahan yang dimasukan dalam prosesnya.

5 Cara Membuat Slime dengan Shampoo
Membuat Slime dengan Shampoo

1. Membuat Slime Dengan Shampo dan Garam

Yang pertama, kita bisa membuat slime dengan shampoo menggunakan bahan tambahan garam. Cara pertama ini terbilang sangat mudah dan punya tingkat keberhasilan tinggi. Untuk membuatnya, siapkan sebuah wadah yang kering. Lalu, masukan shampoo Pantene atau Dove ke dalam wadah tersebut. Kemudian masukan garam dapur ke dalam adonan dan aduk terus hingga merata.

Garam dapur yang digunakan sebaiknya adalah garam halus. Jumlah yang ditambahkan tidak perlu terlalu banyak tapi disesuaikan dengan tekstur slime yang kita inginkan.

Penambahan garam pada shampoo akan membuat shampoo mengalami pengentalan. Jika slime yang diperoleh dirasa kurang kental, tambahkan lagi garam dan aduk terus hingga adonannya kompak. Untuk menghilangkan lengket, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes baby oil ke dalam adonan.

2. Membuat Slime Dengan Shampo dan Pasta Gigi

Selain menggunakan tambahan garam, cara membuat slime dengan shampoo juga dapat divariasikan dengan bahan yang ada di kamar mandi Anda lainnya, yaitu pasta gigi. Tidak seperti shampoo yang harus berasal dari merk tertentu, kita bisa bebas menggunakan pasta gigi dari merk apapun pada proses ini.

Untuk membuatnya, Anda cukup memasukan shampoo merk Pantene atau Dove ke dalam wadah dan campurkan pasta gigi. Aduk terus campuran tersebut agar rata dan adonannya mulai mengental. Jika setelah diaduk lama kekentalan adonan masih kurang, tambahkan lagi pasta gigi ke dalam adonan dan aduk kembali. Terakhir, masukan slime ke dalam wadah tertutup dan simpan selama beberapa menit dalam lemari es. Slime pun siap dimainkan.

3. Membuat Slime Dengan Shampo dan Baking Soda

Baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan slime dari shampoo. Proses dan cara membuatnya juga sederhana, sama seperti cara membuat slime dengan shampoo dan garam.

Siapkan wadah, masukan shampoo atau kondisioner dan tambahkan sedikit baking soda. Aduk terus hingga adonan mengental dan tambahkan lagi baking soda bila dirasa slime yang dihasilkan kurang kental. Perlu diketahui bahwa slime yang dihasilkan dari resep ini biasanya akan memiliki tekstur yang gempal dan tidak lengket. Oleh karena itu, resep inilah yang paling saya gunakan untuk membuat slime dari shampo.

Proses Pembuatan Slime dengan Shampoo
Membuat Slime

4. Membuat Slime Dengan Shampo dan Sabun Cair

Selain menggunakan pasta gigi, sabun cair yang ada di kamar mandi juga bisa kita gunakan sebagai campuran shampoo dalam proses pembuatan slime. Kendati begitu, resep ini tidak akan menghasilkan slime yang nyaman dimainkan bila kita tidak menambahkan slime activator ke dalam adonan saat membuatnya.

Saya dahulu menambahkan borax dalam resep ini, namun karena dirasa kurang aman saya kemudian menggantinya dengan obat tetes mata insto. Insto memiliki fungsi sama dengan borax sebagai slime activator yang bisa membuat slime strachy.

Cara membuat slime dengan shampoo dan sabun cair cukup sederhana. Siapkan wadah plastik, masukan shampoo dan sabun cair (atau bisa juga sabun cuci piring Sunlight), aduk terus, dan tambahkan obat tetes mata insto. Seketika slime pun jadi dan siap dimainkan.

5. Membuat Slime Dengan Shampo (Resep Sempurna)

Di antara semua resep dan cara membuat slime dengan shampoo yang saya sampaikan di artikel ini, resep terakhir inilah yang menurut saya paling sempurna. Saya menemukan resep ini dari uji coba berulang ulang. Hasilnya, saya menemukan takaran yang tepat dan memperoleh slime dengan tekstur yang sesuai keinginan saya. [Baca Juga : Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal]

Untuk menerapkan resep ini, siapkan shampoo (tidak harus Dove atau Pantene, dalam resep ini saya justru menganjurkan Anda menggunakan shampo yang encer seperti merk Lifebuoy atau Zinc), lem (bisa lem FOX, Povinal, atau lem UHU), deterjen bubuk, bedak, pewarna makanan, dan bila perlu baby oil Cussons.

Selanjutnya, siapkan wadah kering, masukan lem, shampoo setengah sachet, dan pewarna makanan secukupnya. Aduk semuanya hingga rata dan kental. Pada tahap ini, sebetulnya kita sudah menemukan slime dengan tekstur yang baik, namun bila dirasa kurang, Anda bisa tambahkan deterjen dan bila terasa lengket, tambahkan juga baby oil atau bedak bayi.

Nah, itulah beberapa resep yang sudah saya uji coba dalam cara membuat slime dengan shampoo yang aman dan sederhana. 

Untuk menghasilkan slime dengan tingkat kekenyalan sesuai selera, Anda bisa mengatur komposisi bahan-bahan lain yang ditambahkan dalam adonan. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketahui 5 Cara Membuat Slime dengan Shampoo | Ada Resepnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel